KesehatanReview

3 Hal yang Harus Dilakukan Saat Sakit Gigi Pada Masa Pandemi Menurut SehatQ.com

3-hal-yang-harus-dilakukan-saat-sakit-gigi-pada-masa-pandemi-menurut-sehatq-com

Pandemi corona memang menciptakan hal yang baru ditengah tatanan kehidupan masyarakat. Semua orang harus mengikuti aturan pemerintah untuk melakukan karantina mandiri di rumah atau mengurangi aktivitas di luar ruangan. Apalagi banyak tempat belanja, tempat makan hingga klinik kecantikan dan kesehatan yang tutup untuk sementara waktu. Buat Anda yang mengeluhkan kesehatan gigi dan mulut tetapi urung bisa ke klinik gigi, sebaiknya perhatikan beberapa hal yang dirangkum SehatQ.com berikut!

1. Pergi ke dokter gigi saat kondisi darurat

Selama Anda bisa melakukan pengobatan segala penyakit di rumah, sebaiknya hindari melakukan aktivitas di luar ruangan. Demi mengurangi risiko penyebaran virus corona, Anda harus datang ke klinik gigi sendiri atau diantar orang terdekat yang hanya diperbolehkan duduk di ruang tunggu.

Hal-hal darurat yang hanya diperbolehkan Anda lakukan ke klinik gigi antara lain sakit gigi skala parah, gusi yang membengkak selama lebih dari 3 hari hingga seminggu, pendarahan yang disebabkan oleh proses cabut gigi, infeksi gigi yang disebabkan karena gigi berlubang, gigi patah, dan perawatan ortodonti yang masuk kategori membahayakan kesehatan mulut dan gigi.

2. Perhatikan prosedur keamanan

Selama masa pandemi corona, sebaiknya pasien yang ingin melakukan pemeriksaan ke dokter gigi wajib memperhatikan prosedur keamanan. Pastikan diri menggunakan kacamata pelindung demi menghindari risiko percikan air selama masa pemeriksaan dan perawatan.

3. Mencari informasi yang lengkap

Ada baiknya Anda mencari informasi yang lengkap terkait dokter dan klinik yang masih melayani jadwal pemeriksaan dan perawatan gigi. Mengingat banyak klinik yang membatasi jam operasi atau tutup selama masa pembatasan aktivitas. Apalagi Anda yang perlu melakukan tindakan darurat harus punya kontak dengan dokter atau klinik terkait.

Tidak ada salahnya untuk mengaplikasikan tips mengurangi rasa sakit gigi selama masa pandemi yang tidak bisa membebaskan Anda pergi ke dokter gigi. Anda wajib berkumur dengan air garam selama kurang lebih 20 detik saja. Cukup tambahkan satu sendok garam dengan segelas air hangat dan kumur secara rutin. Setidaknya air garam yang memiliki sifat basa akan menetralkan mulut dan membunuh kuman penyebab penyakit.

Lakukan tindakan mengatasi rasa nyeri akibat sakit gigi

Untuk Anda yang mengalami gejala sakit gigi skala ringan, maka bisa mengatasi rasa nyeri dengan mengkonsumsi obat saja. Anda tidak perlu keluar rumah untuk membeli obat sakit gigi sebab bisa memesan produk terpercaya di Toko SehatQ. Jenis obat pereda nyeri yang mengandung ibuprofen bisa dipilih oleh orang dewasa yang mengeluh sakit gigi, sedangkan anak-anak bisa memilih obat yang mengandung paracetamol. Kurir akan langsung mengantarkan produk obat ke rumah Anda tanpa harus pergi ke area publik.

Keluhan gigi berlubang, erosi gigi, tambalan gigi yang mulai keropos atau rusak, gusi bengkak, dan lain-lain bisa Anda konsultasikan dengan tenaga medis terpercaya. Anda bisa menggunakan aplikasi SehatQ.com untuk berkonsultasi dengan dokter terpercaya secara gratis atau bebas biaya. Setidaknya dokter akan memberikan saran yang bisa meringankan rasa sakit selama Anda mengalami keluhan gigi saat masa pandemi corona.

Nah, apakah Anda sudah mencoba tips singkat mengatasi keluhan gigi di rumah? Selalu jaga kebersihan dan kesehatan gigi Anda agar tidak mengalami rasa sakit. Jika memang Anda mengalami kondisi sakit gigi yang darurat, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan ke dokter gigi. Atur jadwal bertemu darurat agar gigi Anda tidak mengalami infeksi yang lebih parah, ya! Kunjungi laman SehatQ.com untuk informasi booking dokter atau berkunjung ke klinik kesehatan terdekat.

Tags
Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button