7 Persiapan untuk Hindari Cedera saat Berolahraga

  • Whatsapp

 

Read More

Melakukan kegiatan olahraga tidak bisa begitu saja dijalankan, sebab kegiatan satu ini memang memiliki banyak risiko bila Anda tidak merancang persiapan yang benar. Misalnya, mengalami cedera dan kecelakaan saat olahraga. Terdapat beberapa langkah persiapan untuk menghindari hal tersebut. Mulai dari menggunakan pakaian khusus seperti produk Edorasportswear Official Store dengan menyesuaikan jenis kegiatannya, hingga memastikan tubuh Anda siap untuk berolahraga.

Lakukan Persiapan Ini Sebelum Berolahraga

Beberapa langkah tersebut dimulai dari menyiapkan fisik maupun mental. Terlebih bila jenis olahraganya cukup menguras tenaga dan menantang.

1. Pahami Kondisi Tubuh

Langkah pertama, Anda harus pahami kondisi tubuh sendiri. Memahami kondisi pada tubuh ini maksudnya menyadari bila tubuh sedang dalam kondisi kurang sehat dan tidak memungkinkan untuk melakukan kegiatan fisik berlebihan.

Terkadang banyak kasus seseorang mengalami gangguan kesehatan, bahkan sampai kehilangan nyawa akibat kurang memahami jika tubuhnya sedang tidak dalam kondisi baik-baik saja untuk berolahraga.

2. Gunakan Pakaian yang Tepat

Tidak kalah harus disiapkan ialah pakaian yang dikenakan saat berolahraga. Anda bisa kenakan produk pakaian olahraga berkualitas dari Edora Sportswear Official Store agar kegiatan olahraga lebih terasa lebih nyaman. Selain itu pemilihan pakaian yang tepat pun membantu menghindari Anda mengalami cedera atau luka akibat gesekan dari bahan pakaian yang kurang baik.

3. Jangan Sampai Lupa Pemanasan

Supaya tubuh tidak kaget, jangan lupakan pemanasan. Bagi sebagian orang pemanasan tidak terlalu wajib atau melakukan pemanasan tanpa memperhatikan gerakan dan durasinya. Padahal persiapan ini sangat penting untuk hindari beragam cedera yang sering terjadi akibat kurangnya pemanasan. Anda bisa menemukan banyak ragam tutorial pemanasan melalui internet.

4. Hindari Melewatkan Waktu Makan

Olahraga tapi belum sarapan atau makan? Kebiasaan buruk ini akan membuat Anda jadi lebih cepat merasa capek, hingga kehilangan tenaga. Usahakan untuk sarapan lebih dulu bila melakukan olahraga di pagi hari, maupun makan dengan porsi cukup minimal 1-2 jam sebelum berolahraga. Perut yang kosong saat olahraga bisa memicu masalah kesehatan seperti penyakit maag atau naiknya asam lambung.

5. Istirahat yang Cukup

Pastikan malam sebelumnya Anda beristirahat cukup. Tubuh yang kurang istirahat akibat tidur malam yang terlalu larut atau dengan durasi singkat umumnya mengalami perubahan sistem metabolisme yang menimbulkan beberapa gangguan kesehatan, contohnya tubuh terasa lemas dan berkurangnya daya konsentrasi.

6. Hindari Forsir Tubuh

Jika Anda memiliki target khusus seperti ingin mengecilkan beberapa bagian tubuh atau juga menurunkan berat badan, hindari untuk memforsir diri Anda dengan berolahraga terlalu keras dan berdurasi terlalu lama. Nantinya malah bisa membuat Anda mengalami gangguan kesehatan akibat kelelahan berlebih.

7. Perbanyak Minum Air Putih

Persiapan berikutnya, pastikan konsumsi banyak air putih selama rutin berolahraga. Tubuh Anda membutuhkan lebih banyak air saat tubuh melakukan kegiatan fisik yang berbeda dari biasanya. Dibandingkan konsumsi minuman berwarna atau minuman racikan untuk menyegarkan tubuh, memilih menghilangkan haus dengan air putih jauh lebih sehat dan memberi efek yang baik bagi tubuh kita.

Persiapan tambahan lainnya ialah dengan menyiapkan rangkaian kegiatan olahraga yang disarankan para ahli agar kegiatan olahraga Anda berjalan sempurna. Selalu gunakan pakaian yang tepat bersama Edorasportswear Official Store yang bisa membantu Anda melakukan rutinitas olahraga lebih nyaman dan aman. Imbangi dengan pengaturan asupan sehari-hari ikut memaksimalkan hasil kegiatan olahraga Anda, khususnya bila disertai target.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *