Ketahui 4 Dampak Merokok bagi Kesehatan Gigi dan Mulut Anda Bersama SehatQ

  • Whatsapp

Sering sekali orang menganggap bahwa sakit gigi disebabkan oleh kebersihan mulut yang tidak diperhatikan dengan baik. Selain hal vital tersebut, ada penyebab lain yang bisa mengakibatkan kesehatan gigi dan mulut Anda terganggu. Salah satu masalah yang sering disepelekan oleh sebagian orang yang candu nikotin adalah sakit gigi. Jika Anda tidak ingin berkonsultasi dengan dokter spesialis gigi terus menerus karena alami masalah kesehatan gigi dan mulut, sebaiknya segera berhenti merokok sekarang juga.

Read More

4 dampak buruk merokok bagi kesehatan gigi dan mulut

Buat Anda yang masih sering merokok, upayakan berhenti melakukan kebiasaan buruk yang memicu penyakit kardiovaskuler tersebut. Selain itu, risiko terkena masalah kesehatan pada gigi dan mulut cukup besar antara lain :

1. Mengalami penyakit gusi

Penyakit gusi tidak boleh Anda sepelekan sebab bisa mengakibatkan ketidaknyamanan dan masalah kesehatan lebih serius. Kebiasaan buruk seperti malas menggosok gigi yang menyebabkan penumpukan plak akan mengakibatkan penyakit gusi seperti gusi mengalami pembengkakan, sariawan hingga berpotensi merusak lapisan gusi.

Kebiasaan Anda merokok pun menjadi pemicu pengobatan pada penyakit gusi tidak berfungsi secara efektif. Jangan heran kalau penyakit gusi yang Anda alami bisa semakin buruk bila disertai kebiasaan merokok terus menerus.

2. Masalah pada lapisan dan jaringan gigi

Tembakau yang menjadi bahan utama rokok Anda bisa menyebabkan masalah gusi kekurangan nutrisi sehingga sering terkena infeksi. Kerusakan lapisan tulang dan jaringan pada gigi akan mengakibatkan masalah lebih serius seperti gigi berlubang, bakteri menyebabkan kerusakan jaringan pendukung gigi, gigi menjadi tanggal, dan lain-lain.

3. Menyebabkan masalah bau napas

Merokok harus segera Anda batasi atau kurangi sejak sekarang agar terhindar dari masalah bau napas. Tentu bau napas yang terjadi akan membuat Anda menjadi minder dan tidak percaya diri saat komunikasi dengan orang di sekitar. Penumpukan plak pada gigi akan mengakibatkan bau napas ini terus terjadi. Selain menggosok gigi, rajin minum air putih, mengkonsumsi mint, Anda harus segera menghilangkan kecanduan nikotin ini.

4. Penyakit komplikasi

Kebiasaan merokok menggunakan rokok pabrikan atau tembakau non isap memiliki risiko yang lebih besar. Gigi menjadi rusak, gusi lebih sensitif dan Anda bisa terkena risiko penyakit komplikasi yang lebih parah dalam hal kesehatan gigi dan mulut yaitu risiko terkena kanker mulut dan tenggorokan. Orang yang aktif merokok menggunakan tembakau non isap juga punya peluang lebih besar mengalami penyakit leukoplakia atau bercak putih di dalam mulut.

Tentu masih ada banyak risiko yang bisa Anda alami disebabkan oleh rokok seperti sinusitis, peradangan kelenjar ludah, perubahan warna gigi, dan masih banyak risiko buruk lain. Tentu risiko kesehatan belum termasuk risiko terkena penyakit serangan jantung, stroke dan hipertensi, lho! Pastikan Anda chat dokter untuk konsultasi melakukan pengobatan masalah penyakit gigi, kesehatan mulut atau terapi berhenti merokok sekarang juga.

Anda yang mengalami masalah kesehatan gigi dan mulut yang disebabkan oleh faktor malas gosok gigi, genetik, riwayat penyakit tertentu atau akibat merokok, segera konsultasi dengan dokter spesialis gigi terdekat. Dapatkan informasi melakukan perawatan atau pencabutan gigi untuk kasus infeksi parah hanya di klinik terpercaya di SehatQ.com, ya!

Anda yang mengalami masalah sakit gigi selama pandemi, bisa melakukan konsultasi secara online termasuk pemberian resep obat-obatan yang bisa dibeli dari rumah saja. Sakit gigi tanpa risiko tertular virus corona selama pandemi, kenapa tidak? Pastikan Anda booking klinik kesehatan gigi dan mulut lewat SehatQ yang praktis, mudah dan terjangkau kantong. Yuk, jaga kesehatan gigi dan mulut Anda dengan berhenti merokok sekarang juga!

Sumber

https://www.alodokter.com/bahaya-merokok-bagi-kesehatan-mulut

https://hellosehat.com/gigi-mulut/gejala-penyakit-gusi/

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *