Perbedaan Madu Hitam dan Madu biasa Serta Manfaatnya

  • Whatsapp

Dari dulu sampai sekarang semua orang mengenal madu dari sisi warna tentu saja kuning muda, sampai dengan kuning tua hanya itu saja dengan tekstur yang kental.

Read More

Namun sekarang ini ada jenis madu yang warnanya hitam, dan konon madu ini sendiri memiliki sangat banyak manfaat untuk kesehatan terutama dalam hal pengobatan dan juga kecantikan.

Ini jenis madu yang agak langka, jarang terlihat di berbagai penjual madu, selain itu madu hitam ini juga dari sisi harganya cukup mahal.

Nah sekarang kita akan memahas mengenai madu hitam ini, dimana fokus bahasan kita mengenai Apa perbedaan antara madu hitam dan madu biasa? Sehingga sahabat di rumah dengan mudah nanti mengenalinya sehingga kalau membeli tidak tertipu misalkan.

Apa itu madu hitam

Peternak lebah membedakan dua varietas utama madu hitam yakni jenis melon dan jintan.

Madu melon muncul di sarang selama musim panas. Bunga dalam cuaca seperti itu mulai layu dan berhenti mengeluarkan nektar atau Lebah, untuk mengisi sisir, mulai mengumpulkan sekresi manis pada daun dan jarum.

Jika kotoran hanya berasal dari yang alami yakni buah yang dilepaskan karena perubahan suhu, maka orang kadang-kadang menyebutnya sebagai madu melon.

Jika terdapat sekresi yang berasal dari hewan (hasil aktivitas vital kutu daun dan serangga lainnya), maka jejak lengket ini disebut “pad”. Karena produk melon murni cukup langka memang karena proses terbentuknya madu ini juga lumayan susah.

Madu melon memiliki warna sangat gelap, warnanya hampir hitam. Hampir tidak berbau, sangat kental dan tidak dilapisi gula.

Madu melon rasanya lebih manis dari biasanya dan memiliki sedikit rasa pahit. Semakin banyak kandungan melon dalam madu tersebut, semakin gelap warnanya, dan sebaliknya, semakin sedikit maka warnanya semakin terang.

Madu jintan kadang-kadang disebut madu Mesir karena diproduksi di tepi Sungai Nil. Lebah mengumpulkan nektar dari bunga jintan, yang memberikan warna hitam pekat pada produk madu yang sudah jadi.

Apa manfaat madu hitam?

Nah sekarang kita bahas beberapa manfaat madu hitam ini dimana Varietas madu hitam yang paling bermanfaat adalah jintan Mesir.

Di Mesir dan negara-negara sekitarnya, itu sangat berharga sehingga lebih sering disebut sebagai obat daripada minuman.

Jintan, dari perbungaan tempat lebah mengumpulkan nektar, memiliki sejumlah khasiat penyembuhan berbagai macam penyakit.

Dalam buku referensi tentang tanaman obat dan tumbuhan, Anda dapat membaca bahwa jintan efektif dalam memerangi partikel jahat di dalam tubuh, memperkuat kekebalan, meningkatkan aktivitas otak, memulihkan dan mempertahankan fungsi seksual, dan mengurangi risiko penyakit Alzheimer.

Semua kualitas ini yang ada pada madu ini sendiri katanya lebih baik sampai dengan seratus kali lipat dibandingkan dengan madu biasa.

Madu mesir juga sangat baik dan bagus digunakan dalam pengobatan penyakit pada saluran pencernaan, jantung dan pembuluh darah. Kemudian buat kalian yang flu, kemudian penyakit karena virus, untuk gangguan ingatan dan bahkan untuk depresi.

Selain itu, madu jintan hitam dalam hal pengobatan juga kadang bisa dioleskan pada perban saat merawat persendian yang sakit, luka, memar, dll.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *